PPSDM KEBTKE Gelar Webinar "Implementasi Manajemen Energi Di Indonesia: Now And Beyond”

PPSDM KEBTKE Gelar Webinar "Implementasi Manajemen Energi Di Indonesia: Now And Beyond”

PPSDM KEBTKE Gelar Webinar "Implementasi Manajemen Energi Di Indonesia: Now And Beyond

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) mengadakan webinar bertajuk Webinar "Implementasi Manajemen Energi Di Indonesia: “Now And Beyond” pada tanggal 8 Maret 2023, melalui aplikasi Zoom, dan Live streaming You Tube, dan FaceBook PPSDM KEBTKE.

 

Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A. mewakili Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi kegiatan webinar. Elin menyampaikan Manajemen Energi sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 Tentang Energi, Pengelolaan Energi yang berdasarkan asas kemanfaatan, rasionalitas, efisiensi berkeadilan, peningkatan nilai tambah, keberlanjutan, kesejahteraan masyarakat, pelestarian fungsi lingkungan hidup, ketahanan nasional dan keterpaduan dengan mengutamakan kemampuan nasional

 

Terkait dengan ketentuan dan amanat undang-undang tersebut, PPSDM KEBTKE berharap diskusi hari ini dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat luas terkait konservasi energi dan manajemen energi, terutama dalam mendukung pemanfaatan energi di Indonesia secara hemat dan efisien.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Widyaiswara Madya dari PPSDM KEBTKE R.R. Endang Widayati, S.T., M.T. selaku narasumber dan hadir sebagai moderator Widyaiswara Madya dari PPSDM KEBTKE Aspita Dyah Fajarsari, S.T., M.Eng.   Endang Widayati dan Aspita Dyah Fajarsari memiliki keahlian dan pengalaman di bidang konservasi energi dan manajemen energi.

 

Endang Widayati menyampaikan bahwa untuk mencegah terjadinya bencana global, tidak bias ditawar lagi bahwa seluruh negara di dunia termasuk Indonesia harus menempuh upaya mitigasi iklim yang ambisius melalui RUTE 1,50C atau NET-ZERO EMISSIONS (NZE). 

 

Sistem manajemen energy merupakan serangkaian elemen yang saling terkait atau berinteraksi dalam organisasi untuk menetapkan kebijakan, tujuan dan proses untuk mencapai tujuan dimaksud (SNI ISO 500001:2018). Sistem manajemen untuk menetapkan kebijakan energi, tujuan, target, rencana aksi, dan proses untuk mencapai tujuan dan target energi (SNI ISO 500001:2018)

 

Setiap pengguna energi energi ≥ 6,000 TOE  per tahun wajib melaksanakan manajemen energi dengan menunjuk manajer energi, menyusun program konservasi energi, melaksanakan audit energi secara berkala, melaksanakan rekomendasi hasil audit energi, dan meLaporkan pelaksanaan konservasi energi kepada Pemerintah, ungkap Endang

 

Peserta Webinar sangat antusias sehingga sampai akhir materi peserta masih bertahan di angka 346 orang. Dalam kesempatan ini juga dibagikan hadiah  untuk 2 orang peserta penanya terbaik berupa  free pelatihan di PPSDM KEBTKE dengan menentukan pilihannya sesuai kebutuhan masing-masing, serta 2 postingan terbaik mendapatkan hadiah dari PPSDM KEBTKE. Nantikan webinar-webinar selanjutnya yang akan diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE.

 

Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat, saat ini PPSDM KEBTKE telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK.

 

Selain itu, LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

 

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM