PPSDM KEBTKE Gelas Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid Bagi ASN

PPSDM KEBTKE Gelas Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid Bagi ASN

PPSDM KEBTKE Gelas Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid Bagi ASN

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid secara online pada tanggal 15 s.d 17 Mei 2023 melalui aplikasi Zoom.

 

Elin Lindiasari, S.T., M.B.A.Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM mewakili Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi Pelatihan Teknis Sistem Smart Grid.

 

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu memahami tentang Sistem Kerja dan Teknologi Komunikasi Pada Sistem Smart Grid ynag diikuti sebanyak 22 (dua puluh dua) orang peserta ASN di lingkungan Kementerian ESDM.

 

Setelah menyelesaikan materi pembelajaran ini peserta diharapkan mampu menguasai konsep dan prinsip keilmuan secara komprehensif, dan untuk mengembangkan prosedur dan strategi yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terkait bidang keahlian Sistem Komunikasi dan Teknologi Pengukuran Pada Sistem Smart Grid sebagai bekal untuk pendidikan lanjut atau karir profesional.

 

Para peserta mendapatkan materi yang terdiri dari Pengenalan Peralatan, Implementasi Sistem Smart Grid, Perangkat Analisis Performansi, Stabilitas, dan Perangkat Komputasional pada Sistem Smart Grid, dan Praktik. Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber Arwindra Rizqiawan, Tri Desmana Rachmildha, Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika ITB.

 

Arwindra Rizqiawan menyampaikan bahwa "Smart grid" umumnya mengacu pada kelas teknologi yang menggunakan sistem pengiriman listrik utilitas ke dalam abad ke-21, menggunakan remote control berbasis komputer dan otomatisasi. Smart Grid merupakan jaringan listrik yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan telekomunikasi yang memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara produsen dan konsumen listrik. Penggunaan teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan, pengendalian dan komunikasi dalam rantai pasok listrik sehingga efisiensi listrik dapat ditingkatkan dan keandalan jaringan listrik dapat lebih baik.

 

Sistem ini dimungkinkan dengan dua arah teknologi komunikasi digital dan computer pemrosesan yang telah digunakan selama beberapa dekade di negara lain industri. Mulai digunakan pada listrik jaringan, dari pembangkit listrik sampai ke konsumen listrik di rumah dan industri.

 

Banyak manfaat bagi utilitas dan konsumen sebagian besar terlihat di peningkatan besar dalam efisiensi energi dan keandalan pada jaringan listrik di rumah maupun di kantor sebagai pengguna energi.

 

“Smart Grid merupakan jaringan suplai listrik yang menggunakan teknologi komunikasi digital untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap perubahan lokal dalam penggunaan. Jaringan listrik yang mencakup berbagai operasional dan energy langkah-langkah termasuk meter pintar, peralatan pintar, terbarukan sumber daya energi, dan sumber daya hemat energy,” tutur Arwinda.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pendidikan dan pelatihan, sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, juga kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

JUJUR, PROFESIONAL, MELAYANI, INOVATIF, DAN BERARTI

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)