PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Audit Energi pada Bangunan Gedung dan Pelatihan Teknis Audit Energi Berstandar Investasi

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Audit Energi pada Bangunan Gedung dan Pelatihan Teknis Audit Energi Berstandar Investasi

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Audit Energi pada Bangunan Gedung dan Pelatihan Teknis Audit Energi Berstandar Investasi

 

PPSDM KEBTKE selenggarakan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Audit Energi pada Bangunan Gedung pada 3 s.d. 7 Juli 2023 serta Pelatihan Teknis Audit Energi Berstandar INvestasi  pada 8 Juli 2023 di PPSDM KEBTKE, Jakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan sertifikasi yang dilaksanakan pada Jumat, 7 Juli 2023. Pelatihan dan sertifikasi ini terselenggara berkat kerjasama PPSDM KEBTKE di bawah program ADLIGHT UNDP dan diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari perusahaan terkait di bidang industri lampu.

 

Kementerian ESDM bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan United Nations Environment Programme (UNEP) melaksanakan proyek ADLIGHT (Advancing Indonesia's Lighting Market to High Efficient Technologies) yang didanai oleh Global Environment Facility (GEF). Proyek tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan penggunaan teknologi lampu efisiensi tinggi melalui transformasi pasar nasional sehingga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). ADLIGHT berfokus untuk mendorong penetrasi pasar lampu hemat energi (lampu LED) dengan menerapkan proyek percontohan sistem pencahayaan hemat energi pada APJ, melalui skema pembiayaan inovatif.

 

Hadir sebagai pengajar Audit Energi pada Bangunan Gedung yaitu Widyaiswara PPSDM KEBTKE RR. Endah Widayati, S.T., M.T. dan Aspita Dyah Fajarsari, S.T., M.Eng. Serta pengajar dalam Audit Energi Berstandar Investasi yaitu Irwan Wahyu Kurniawan, S.T., M.Si. Materi yang diangkat yaitu Regulasi Energi Nasional, Merencanakan Audit Energi, Melaksanakan Rapat Pembukaan, Mengumpulkan Data pada Bangunan Gedung, Merencanakan Pengukuran Parameter Energi pada Bangunan Gedung, Melakukan Survei Lapangan pada Bangunan Gedung, Melakukan Analisis Data Survei Lapangan pada Bangunan Gedung, Melakukan Analisis Data Survei Lapangan pada Bangunan Gedung, Melaporkan Hasil Audit Energi.  

 

Dalam kesempatan tersebut, Aspita menjelaskan Proses Audit Energi (ISO 50002) dan proses analisis. Kegiatan Umum Analisis yaitu mengevaluasi keandalan data yang diberikan dan menyoroti kesalahan atau kelainan dan menilai apakah informasi yang diberikan memungkinkan dilaksanakan proses audit energi dan sesuai dengan tujuan audit energi yang akan dicapai. Analisis juga perlu dilaksanakan dengan menggunakan metode perhitungan yang transparan dan teknis yang sesuai.

 

Melalui program ADLIGHT, diharapkan dapat mendorong transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) dari sisi permintaan adalah penerapan efisiensi energi di sektor industri, transportasi, bangunan gedung dan rumah tangga, termasuk penggunaan peralatan dan teknologi hemat energi pada sistem pencahayaan di bangunan (indoor) dan alat penerangan jalan (outdoor). Perwujudan langkah ini dalam kerangka aksi mitigasi kegiatan Efisiensi Energi salah satunya melalui retrofit lampu LED (light-emitting diode) pada Alat Penerangan Jalan (APJ).

 

Hal ini juga didasarkan oleh kebutuhan APJ yang semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan ekonomi di daerah yang dapat dilihat dengan berkembangnya wilayah-wilayah baru yang didukung oleh infrastruktur jalan. Dengan pertambahan panjang jalan, pemasangan APJ baru semakin bertambah, setidaknya membutuhkan kurang lebih 10 ribu titik APJ untuk jalan provinsi dan 700 ribu titik APJ di jalan kabupaten/kota di Indonesia. Seiring dengan bertambahnya APJ baru, kebutuhan energi juga meningkat. Oleh karena itu, Pemerintah akan terus berupaya untuk mengendalikan konsumsi energi pada APJ dengan efisiensi energi melalui penggunaan lampu yang berteknologi tinggi dan efisien energi.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi padaindustri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)