PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa

 

PPSDM KEBTKE menyelenggarakan Pelatihan Teknis Instalasi Listrik 3 Phasa pada 9 s.d. 10 Februari 2023 secara daring. Pelatihan ini diikuti oleh 11 peserta yang berasal dari perusahaan yaitu PT. Zulu Alpha Papa, PT. Arthama Adi Perkasa, PT. Trimitra Usaha Sumber Daya, PT. Arthama Adi Perkasa, PT. Eyiptronics Solusi Engineering, PT. Acter Technology Indonesia, Politeknik Negeri Bandung, PT. SOCIMAS Sinarmas Oleochemical, PT. PP Presisi Tbk. (Project Weda Bay Nickel).

 

Tujuan pelatihan ini adalah untuk menghasilkan Tenaga Teknik yang mampu

memahami instalasi listrik 3 Fasa. Hadir sebagai pengajar Widyaiswara PPSDM KEBTKE Muhamad Zuhud Andrya, S.T., M.En. dan M. Awaluddin Alafghani, S.T., M.B.A. Adapun materi yang diberikan adalah Teori Dasar Listrik, Potensi Bahaya Instalasi, Potensi Bahaya Instalasi Listrik 3 Phasa, Persyaratan Umum Instalasi Listrik, Komponen Instalasi Listrik 3 Phasa, Instalasi Listrik 3 Phasa, Pemeriksaaan Instalasi Listrik. Peserta juga mendapatkan penugasan dan post test.

 

Listrik 3 Phase adalah jaringan listrik yang menggunakan tiga kawat Phase (R,S,T) dan satu kawat neutral (N) atau sering dibilang kawat ground. Menurut istilah Listrik 3 Phase terdiri dari 3 kabel bertegangan listrik dan 1 kabel neutral. Umumnya listrik 3 Phase bertegangan 380 volt yang banyak digunakan Industri atau pabrik. Listrik 3 fasa adalah listrik AC (Alternating Current) yang menggunakan 3 kawat penghantar yang mempunyai tegangan pada masing-masing Phasenya sama, tetapi berbeda dalam sudut curvenya sebesar 120 derajat.

 

Bila suatu generator mendapatkan pembebanan yang melebihi dari  kapasitasnya, maka dapat mengakibatkan generator tersebut tidak bekerja  atau bahkan akan mengalami kerusakan. Untuk mengatasi kebutuhan listrik atau beban yang terus meningkat tersebut, bisa diatasi dengan menjalankan  generator lain yang kemudian dioperasikan secara paralel dengan generator  yang telah bekerja sebelumnya, pada satu jaringan listrik yang sama.

 

Keuntungan dari menggabungkan 2 generator atau lebih dalam suatu jaringan listrik adalah bila salah satu generator tiba-tiba mengalami gangguan, maka generator tersebut dapat dihentikan serta beban dialihkan pada generator lain, sehingga pemutusan listrik secara total bisa dihindari.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat saat ini telah memiliki predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi atau disebut WBK. LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang ketiga kalinya yang diberikan oleh instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)