PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Standar Manajemen Gas Rumah Kaca bagi ASN Kementerian ESDM

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Standar Manajemen Gas Rumah Kaca bagi ASN Kementerian ESDM

PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Teknis Standar Manajemen Gas Rumah Kaca bagi ASN Kementerian ESDM

 

PPSDM KEBTKE latih 23 ASN ESDM dalam Pelatihan Teknis Standar Manajemen Gas Rumah Kaca secara offline di PPSDM KEBTKE pada 3 s.d. 7 Juli 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan ASN yang memahami mengenai standar manajemen gas rumah kaca. Pelatihan ini diikuti oleh ASN dari Balai Besar Pengujian Mineral dan Batubara TekMIRA, Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS, serta PPSDM KEBTKE.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A. Hadir dalam pelatihan tersebut sebagai pemateri yaitu Dwi Kus Pardianto praktisi yang memahami di bidang Manajemen Gas Rumah Kaca.  Adapun Materi yang diangkat dalam pelatihan tersebut adalah Pengenalan Standar ISO dan Istilah Definisi Terkait dengan Informasi Lingkungan, Pengenalan Standar ISO dan Istilah Definisi Terkait dengan Informasi Lingkungan, Persyaratan Kompetensi Validator Verifikator Berdasarkan ISO 14066, Persyaratan Kompetensi Validator Verifikator Berdasarkan ISO 14066, Persyaratan Kuantifikasi dan Pelaporan Emisi dan Serapan Gas Rumah Kaca di Tingkat Organisasi Berdasrkan ISO 14064- 1:2018 (Klausal 3-6), Persyaratan Kuantifikasi dan Pelaporan Emisi dan Serapan Gas Rumah Kaca di Tingkat Organisasi Berdasrkan ISO 14064- 1:2018 (Klausal 7-9), Persyaratan Kuantifikasi, serta materi lainnya terkait manajmen gas rumah kaca.

 

ISO telah bekerjasama dengan berbagai stakeholders internasional kunci, seperti United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) dan Bank Dunia, dalam membangun strategic reoadmaps untuk sistem dan standar dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Dalam ISO 14080 berisi mengenai Greenhouse Gas Management and Related Activities- Framework and Principles for Methodologies on Climate Actions. Standar ini menyusun framework dan prinsip-prinsip untuk membuat skema adaptasi dan mitigasi untuk lebih kompatibel dan mengelaborasi dalam pendekatan mereka yang berbeda. Sebagai tambhan, ada beberapa jumlah standar tambahan untuk mendukung berbagai organisasi dan komunitas dalam mengadaptasi dan menjadi lebih tangguh terhadap perubahan iklim,  termasuk vulnerability assessment, adaptation planning, dan adaptation monitoring and evaluation. Hal ini termasuk ISO 14090, ISO 14091, dan ISO 14092.

 

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pelatihan dan sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi padaindustri/bangunan gedung, kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)