Program GREEN (Global Renewable Energy and Electricity Knowledge) Dibuka

Program GREEN (Global Renewable Energy and Electricity Knowledge) Dibuka

Program GREEN (Global Renewable Energy and Electricity Knowledge) Dibuka

 

PPSDM KEBTKE resmi membuka Program GREEN (Global Renewable Energy and Electricity Knowledge) pada secara daring 14 Februari 2023. Program GREEN adalah adalah kursus online berbasis MOOC (Massive Open Online Courses) yang diinisiasi oleh PPSDM KEBTKE untuk menjangkau peserta dari berbagai kalangan masyarakat untuk mempelajari ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi secara online.

 

“Sebagai Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, saya mengucapkan terima kasih atas antuasiasme para peserta dan panitia pelaksana yang telah mewujudkan kegiaatan pada hari ini,” kata  Sub Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM dan Informasi Zainul Pulungan, S.T., M.B.A. yang membacakan sambutan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi.

 

“PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pelatihan dan sertifikasi yang fokus pada pengembangan human capital  dalam bidang KEBTKE, memiliki peluang yang besar dalam mengembangkan sistem pendidikan secara daring dalam bidang KETBKE,” lanjut Zainul.

 

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti kursus online GREEN secara gratis untuk mempelajari ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi.  Diharapkan dengan terselenggaranya program GREEN, masyarakat mengetahui mengenai potensi ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi di Indonesia.

 

Jumlah pendaftar Program MOOC GREEN adalah sebanyak 919 orang. Jumlah lolos seleksi administrasi sebanyak 456 orang, dengan jumlah peserta yang lulus sebanyak 60 orang yang berasal dari berbagai latar belakang, baik asal peserta, pendidikan maupun pekerjaan, dengan rincian peserta Kursus Penghematan Energi pada Bangunan Gedung  sebanyak 15 orang, EBTKE for Non EBTKE sebanyak 25 orang, Kelistrikan for Non Kelistrikan sebanyak 20 orang.

 

Dengan pengajar yang terlatih dan handal, MOOC diisi oleh materi dari para ahli dengan latar belakang pendidikan formal S2 dan S3 yang berpengalaman di bidang ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi. Materi yang diberikan adalah berbentuk video pembelajaran, bahan ajar berbentuk .pdf, pop up quiz, dan post-test yang dilakukan di akhir materi.

 

Periode durasi MOOC GREEN berlangsung selama 30 hari, dengan rincian pelaksanaan pembukaan pada 14 Februari 2023, kegiatan pembelajaran pada 14 Februari s.d. 14 Maret 2023, kegiatan  post test pada 14 Maret s.d. 15 Maret 2023, kegiatan penutupan pada 16 Maret 2023.

 

Adapun materi MOOC GREEN ini disusun oleh 25 widyaiswara dan 2 instruktur yang dilengkapi dengan kurikulum, bahan tayang, course design,  materi uji, pop up quiz, dan post test. Pembuatan materi ini telah bekerja sama dengan Pusdatin Kemendikbud Ristek dengan skema partnership yang sudah berpengalaman dalam mebuat video MOOC.  Kepala PPSDM KEBTKE berharap,  para peserta Program MOOC GREEN dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, serta dapat memberikan masukan dan saran yang positif untuk pengembangan Program MOOC GREEN ke depannya.

 

PPSDM KEBTKE sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat kami PPSDM KEBTKE saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Anda.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

Kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

 

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Akhir Setiadi (HP.0856-4985-8447),

Sdr. M. Zuhud Andrya (HP.0819-0770-3764),

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

 

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

(SA)