Putri Indonesia Lingkungan Tahun 2018 Ikuti Pelatihan Dan Uji Kompentensi Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS

Putri Indonesia Lingkungan Tahun 2018 Ikuti Pelatihan Dan Uji Kompentensi Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS

Putri Indonesia Lingkungan Tahun 2018 Ikuti Pelatihan Dan Uji Kompentensi Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan  Pelatihan Teknis Pengoperasian Dan Pemeliharaan PLTS Bagi Pelaksana Utama Dan Analis Utama (Sistem Distance Learning) pada tanggal 3 s.d 5 Juli 2023 melalui aplikasi Zoom.

 

Kegiatan pelatihan sebagai pembekalan untuk melakukan uji Kompetensi tenaga teknik di bidang Pengoperasian Dan Pemeliharaan PLTS yang akan melakukan uji kompetensi.  Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Regulasi Ketenagalistrikan, Metodologi Sertifikasi, Sistem dan Komponen PLTS , Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS, serta melakukan Praktik Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS,  hadir sebagai pengajar Ahmad Khulaemi, S.Pd., M.Pd., Muhammad Nashiruddin Haramaini, S.T., M.B.A., Raden Waluyo Jati Soemowidagdo, S.T., M.T. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE.

 

Vania Fitriyani Herlambang Mantan Putri Indonesia Lingkungan pada tahun 2018 sebagai salah satu peserta pelatihan dan Uji Kompetensi menyampaikan,  saat ini dia adalah adalah seorang Project Engineer di tempatnya bekerja. “Di PPSDM KEBTKE dan kali ini saya mengikuti pelatihan untuk nantinya mengikuti uji kompetensi tenaga teknik untuk pengoperasian dan pemeliharaan PLTS,” kata Vania.

 

“Sebelumnya di tahun 2021 lalu juga saya sudah sempat mengikuti pelatihan dan uji kompetensi untuk pembangunan dan pemasangan PLTS dan kenapa saya mengambil pelatihan dan uji kompetensi ini, ya supaya saya menjadi tenaga teknis yang punya kompetensi baik menjalankan PLTS bagi untuk pembangunan pemasangan dan juga pemeliharaan pengoperasian sehingga semua sistem PLTS bisa terjamin berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan performa yang diberikan,” lanjut Vania.

 

Terkait dengan pelatihan dan uji kompetensi kali ini, Vania selaku peserta juga berharap semoga ilmu yang saya dapatkan dari PPSDM KEBTKE ini bisa diaplikasikan di lapangan nantinya ketika mengeksekusi projek. “Tidak sampai disitu saja kedepannya saya juga ingin belajar lebih banyak lagi tentang PLTS diluar dari hubungan pemasangan dan pengoperasian serta pemeliharaan,” kata dia.

 

Ia juga menyampaikan,  bagi teman-teman di luar sana yang ingin meningkatkan kemampuannya, kompetensinya, supaya lebih mantap. “Saya sarankan untuk mengikuti pelatihan dan juga uji kompetensi di PPSDM KEBTKE kementerian SDM,” ungkapnya.

 

Ia juga menyampaikan kesan dan pesan sewaktu masih pandemi mengikuti pelatihan di PPSDM KEBTKE. “Sedikit kesan dan pesan dulu ketika 2021 lalu memang masih pandemi untuk pelatihan Bangsen atau pembangunan dan pemasangan PLTS, waktu itu saya menjalankannya full online. Jadi saya sekarang sangat excited untuk menjalankan pelatihannya, bisa datang juga langsung ke kantor PPSDM KEBTKE untuk praktek langsung dengan instalansi PLTS yang ada di kantor sini,” kata Vania.

 

Lanjut Vania, menurutnya ini pengalaman yang sangat menyenangkan dan juga dengan pengajarnya pun sangat terbuka untuk berdiskusi untuk kita saling bertanya. Kita juga jadinya mengerti tidak hanya sekedar teori saja tapi juga langsung bagaimana, apa, hal-hal yang akan kita temukan di lapangan yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan ketika by text book. Jadi memang menyenangkan keseluruhan pengalaman dari pelatihan dan juga uji kompetensi ini sendiri dan saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada PPSDM KEBTKE semoga semakin sukses.

 

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

 

PPSDM KEBTKE TANGGUH PENUH ENERGI!

kerja CEPAT, CERMAT, PRODUKTIF

Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK)

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico Juni Ferson (HP. 0811-8123-490)

Sdr. Budi (HP. 813-8553-6686),

Sdr. Hari Zana (HP.0812-8110-2149),

Sdr. Anggit (HP. 0852-8804-0600)

 

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM RI

Jl. Raya Poncol No.39 Ciracas Jakarta Timur, 13740

Telp. (021) 8729101

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Instagram: @ppsdmkebtke

Twitter: @ppsdmkebtke

Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM

Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

(SA)